Rabu, Maret 06, 2013

MAKALAH TENTANG BUAH-BUAHAN


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Pada waktu zaman dulu nenek moyang kita sampai sekarang ini kita sudah tahu banyak buah buahan yang mengandung berbagai obat dan buah buahan itu sangat banyak kita jumpai di Negara kita sendiri. Contohnya saja buah stroberi banyak kita jumpai di daerah yang cuacanya dingin seperti di medan dan di jawa.
            Stroberi ini sudah sangat lama kita kenal bahkan pada masa masyarakat yunani kuno stroberi ini sudah banyak di gunakan untuk berbagai hal salah satu spesiesnya yang terkenal di amerika dan di eropa  yaitu Fragaria Hilioensis.
            Kemudian stroberi ini mulai menyebar ke Indonesia terutama di riau ini. Salah satu manfaatnya adalah sangat baik di gunakan untuk sariawan karna banyak mengandung vitamin C dan sangat baik juga di gunakan untuk radang tenggorokan.
            Jadi menarik kami untuk mempelajarinya secara mendalam tentang buah ini apa saja manfaat dari buah ini. 
1.2  Rumusan Masalah
·         Apakah manfaat dari buah ini ?
1.3  Tujuan penulisan
·         Untuk memperkenalkan berbagai manfaat dari buah stroberi untuk kesehatan.




BAB II
PEMBAHASAN
                   Stroberi di jadikan sebagai lambang cinta oleh masyarakat yunani kuno karena warna, rasa dan mamfaat buah ini. Tanaman yang tergolong sebagai tanaman buah herba ini pertama kali di di temukan di Negara chili, amerika. Salah satu spesiesnya yang terkenal adalah fragaria Chilionsis L yang manyebar ke berbagai belahan dunia seperti amerika, eropa dan asia. Selain itu ada spesies F. Vesca. L yang lebih luas lagi penyebarannya dan jenis stroberi inilah yang pertama kali masuk ke Indonesia.
                   Sekarang ini ada lebih dari 700 macam buah stroberi yang menyebar di seluruh penjuru dunia yang kita temukan di pasar swalayan adalah stroberi modern( komersial ) Fragaria x annanassa var Duchene yang di hasilkan dari persilangan F. virgina L var Duchesne asal Amerika utara debgab F. Chilioensis L. Var Duchesne asal chili.
2.1 Sebagai Obat-obatan
                     Stroberi mulai di kenal di Indonesia pada pertengahan tahun 1990-an. Stroberi yang memerlukan temperature rendah untuk tumbuh dengan baik sangat cocok dengan daerah Rancabali, bandung. Stroberi yang banyak di tanam penduduk adalah fragaria nilgerrensis yang oleh warga setempat lebih di kenal dengan stroberi nyodo. Selain di daerah jawa barat, stroberi juga mulai di budidayakan di daerah Tawangmangu kabupaten karang anyar, suka bumi, Cipanas, Lembang, Batu Bedugul ( Bali ).
                   Buahnya yang berwarna merah menandakan bahwa buah ini kaya akan pigmen warna antosianin dan mengandung antioksidan yang tinggi. Karena kandungan antioksidannya yang tinggi itulah Stroberi mempunyai khasiat yang sangat banyak. Selain itu Stroberi ternyata kaya vitamin C, serat, rendah kalori, folat, potassium, serta asam ellagic.
2.2 Mencegah Kanker Payudara dan Leher Rhim
Dengan mengonsumsi delapan buah stroberi setiap hari, maka kebutuhan Vitamin C dan serat orang dewasa sudah tercukupi. Stroberi memiliki kandungan Vitamin C sebanyak 56,7 mg per 100 garm. Dengan kandungan vitamin C-nya tersebut di yakini Stroberi mampu mengurangi risiko terserang  penyakit kanker hingga 37% seperti yang di liris The Lowa Women’s Healh Study, selain itu Stroberi juga di yakini mampu mencegah kanker payudara dan leher rahim.(FM/berbagai sumber )
2.3  Beberapa Manfaat Buah Stroberi
·         Menyusutkan kadar kolestrol
·         Membantu melumpuhkan kerja aktif kanker karena asam elllagic yang di kandung
·         Meredam gejala stroke
·         Mengandung jat anti alergi dan anti radang.
·         Konsentrasi tujuh zat anti oksidan yang ada pada Stroberi lebih tinggi di bandingkan buah atau sayuran lain, sehingga Stroberi merupakan buah yang efektif mencegah proses oksidasi pada tubuh karena radikal bebas sehingga mengurangi proses penuaan.
·         Kaya akan vitamin C yang bermanfaat bagi pertumbuhan anak
·         Hany sedikit yang mengandung gula sehingga cocok bagi pengidap diabetes
·         Jika di makan secara teratur dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit lebih cerah dan bersih, dan mencegah terjadinya keriput.
·         Dapat di jadikan pemutih gigi, dengan menghancurkannya kemudian gosok dengan sikat gigi secara menyeluruh.
·         Ampuh melawan encok dan radang sendi.
·         Zat astringen yang terdapt di daun stroberi berkhasiat untuk menghentikan serangan diare, caranya dengan meminum tiga hingga empat gelas air hasil rebusan daun Stroberi






















BAB III
KESIMPULAN dan SARAN
3.1 Simpulan
            Stroberi bermanfaat sebagai obat-obatan yaitu mencegah kanker payudaya dan leher rahim dan banyak mengandung Vitamin C, Kalori, folat, polassium. Serta asam ellagic. Dan sebagai lambing cinta oleh masyarakat kuno.
3.2 Saran
            Agar masyarakat tidak terkena penyakit seperti kanker payudara dan leher rahim banyaklah mengkunsumsi buah-buahan seperti buah Stroberi.















HALAMAN PENGESAHAN



Karya Tulis Bahasa Indonesia

“Manfaat Stroberi”






Mengetahui


Guru Pembimbing                                                                                           Wali Kelas




     JULLIARNI                                                                                              MASRINA



Penyusun

2 Jangan Lupa komentar anda:

  1. makasih yah atas informasinya,
    ini sangat bermanfaat.

    salam kenal dari saya ridho muhammad
    reseller buku psikologi pelayanan

    BalasHapus