Rabu, Maret 06, 2013

esai bahasa indonesia


esai bahasa indonesia
KURANGNYA KEPEDULIAN SISWA TERHADAP KEBERSIHAN DI LINGKUNGAN SMA NEGERI 1 RAMBAH SAMO
Masalah yang dihadapi masyarakat masa kini yang sangat sulit untuk diselesaikan, salah satunya adalah soal kebersihan lingkungan. Kebersihan merupakan hal yang begitu sederhana namun begitu penting untuk diperhatikan. Menjaga kebersihan itu terdengar sepele sehingga kebanyakan orang malah menyepelekan. Hal semacam ini yang mestinya harus dibenahi.
Sebagai contoh adalah kebersihan di lingkungan SMA Negeri 1 Rambah samo. Kian hari, kesadaran para siswa semakin menurun. Hal ini terbukti dari sampah-sampah makanan yang tercecer di tempat yang tidak seharusnya. Misalnya, gazebo, laci meja, lantai-lantai kelas, dan lainnya. Para siswa yang tidak bertanggung jawab tersebut semakin menjamur. Kita mengetahui, SMA Negeri 1 Rambah Samo jalannya becek kalau hujan, sehingga masalah kebersihan ini adalah hal mutlak yang harus diprioritaskan. Tetapi nyatanya kebersihan di lingkungan SMA Negeri 1 Rambah Samo sungguh memprihatinkan.
Pihak sekolah memang sudah berusaha untuk menghilangkan, minimal mengurangi kebiasaan para siswa membuang sampah sembarangan. Tindakan yang diambil pihak sekolah juga bervariasi, seperti menyediakan tempat sampah di setiap sudut sekolah dan menghimbau serta mengingatkan para siswa untuk membuang sampah pada tempatnya. Namun sepertinya hasil yang diharapkan tidak kunjung terlihat. Masih banyak siswa yang meremehkan hal-hal yang berkaitan dengan kebersihan.
Banyak sekali dampak yang muncul akibat menomor duakan prioritas kebersihan. Selain menimbulkan berbagai penyakit karena menumpuknya sampah ditempat yang tidak semestinya, juga membuat lingkungan yang seharusnya nyaman menjadi tidak betah untuk dipandang maupun disinggahi. Sampah yang menumpuk juga dapat menyebabkan air menggenang dan menimbulkan banjir. Berbagai hal dapat terjadi akibat menyepelekan kebersihan.
Bukan hanya para siswa saja yang harus meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan, namun seluruh warga sekolah SMA Negeri 1 Rambah Samo tanpa terkecuali. Pihak sekolah juga harus dan terus berusaha dalam memulihkan kebiasaan para siswa untuk mencintai lingkungan dengan menjaga kebersihan. Karena kebersihan merupakan sesuatu yang sangat penting mengingat berbagai dampak yang bisa timbul akibat kelalaian dalam menjaga kebersihan. Sebagai masyarakat yang baik, kita harus mulai lebih peduli akan kebersihan lingkungan sekitar kita dan hal ini harus dimulai dari sekarang.

0 Jangan Lupa komentar anda:

Posting Komentar