POKOK MASALAH
Saya
sering melihat siswa sering ribut pada saat jam pelajaran berlangsung
RUMUSAN MASALAH
1. Apa
penyebab siswa sering ribut pada jam pelajaran berlangsung
2. Kenapa
siswa sering ribut pada saat jam pelajaran berlangsung
3. Bagaimana
solusi untuk mengatasi siswa yang ribut saat belajar
TUJUAN PENELITIAN
1. Ingin
mengetahui penyebab siswa sering ribut pada jam pelajaran berlangsung
2. Ingin
mengetahui Kenapa siswa sering ribut pada saat jam pelajaran berlangsung
3. Ingin
member solusi untuk mengatasi siswa yang ribut saat belajar
DAFTAR PERTANYAAN
1. Apakah
anda sering ribut ?
a.
Sering c.
tidak
b.
Kadang-kadang d.
tidak pernah
2. Apakah
anda rasakan saat ribut ?
a.
Sedih c.
tidak senang
b.
Gembira d.
tidak tahu
3. Kenapa
anda ribut pada saat jam pelajaran berlangsung ?
a.
Ikut teman c.
gaya
b.
Bosan belajar d.
memcari perhatian
4. Bagaimana
sikap guru saat anda keluar ?
a.
Ketawa c.
marah
b.
Senyum d.
di suruh keluar
5. Jika
anda di marahi guru apa yang anda lakukan ?
a.
Makin ribut c.
melawan
b.
Diam d.
menerimanya
6. Pelajaran
apakah yang sering ribut ?
a.
MTK c.
B. Arab
b.
B. inggris d.
budaya melayu
7. Apakah
anda lakukan saat teman anda ribut ?
a.
Memukulnya c.
melaporkan kepada guru
b.
Memarahinya d.
diam saja
8. Bagaimana
cara anda supaya tidak ribut pada saat jam pelajaran berlangsung ?
a.
Membaca buku c.
mendengarkan guru
b.
Melempar teman d.
mendengarkan teman yang ribut
9. Jika
anda ribut bagaimana kesan teman anda ?
a.
Melarangnya c.
mencemeehnya
b.
Member selamat d.
melaporkan ke guru
10. Apakah cara
yang di lakukan supaya anda bisa diam pada saat jam pelajaran berlangsung ?
a.
Mendengarkan guru c.
melempar teman
b.
Merokok d.
membaca buku
TABEL I MENGANALISA JUMLAH SISWA YANG RIBUT
NO
|
INTENSITAS
KEGIATAN
|
F
|
%
|
1
|
SERING
|
1
|
10%
|
2
|
KADANG-KADANG
|
7
|
0%
|
3
|
TIDAK
|
2
|
20%
|
4
|
TIDAK
PERNAH
|
0
|
0%
|
JUMLAH
|
|
10
|
100%
|
Dari tabel I, yang mengatakan
sering 10% dari jumlah sampel, kemudian yang mengatakan kadang-kadang 70% dari
jumlah sampel dan yang mengatakan tidak 20% dari jumlah sampel sedangkan yang
mengatakan tidak pernah 20% dari jumlah sampel. Kesimpulannya pada umumnya
siswa kadang-kadang rebut di kelas.
TABEL II MENGANALISA PERASAAN SISWA SAAT RIBUT
NO
|
INTENSITAS
KEGIATAN
|
F
|
%
|
1
|
SEDIH
|
0
|
0%
|
2
|
GEMBIRA
|
3
|
30%
|
3
|
TIDAK
SENAG
|
1
|
10%
|
4
|
TIDAK
TAHU
|
6
|
60%
|
JUMLAH
|
|
10
|
100%
|
Dari tabel II yang mengatakan
sedih 0% dari jumlah sampel, kemudian yang mengatakan gembira 30% dari jumlah
sampel dan yang mengatakan tidak senang 10% dari jumlah sampel, sedangkan yang
mengatakan tidak tahu adalah 60% dari jumlah sampel. Kesimpulannya pada umumnya
bahwa perasaan siswa saat rebut tidak tahu 60% dari jumlah sampel
TABEL III MENGANALISA ALASAN SISWA RIBUT PADA JAM PELAJARAN
NO
|
INTENSITAS
KEGIATAN
|
F
|
%
|
1
|
IKITAN
TEMAN
|
8
|
80%
|
2
|
BOSAN
BELAJAR
|
2
|
30%
|
3
|
GAYA
|
0
|
0%
|
4
|
MENCARI
PERHATIAN ORANG LAIN
|
0
|
0%
|
JUMLAH
|
|
10
|
100%
|
Dari tabel III , yang mengatakan
ikut teman 80% dari jumlah sampel, kemudian yang mengatakan bosan belajar 20%
dari jumlah sampel dan yang mengatakan gaya 0% dari jumlah sampel sedangkan
yang ingin mencari perhatian orang lain 0% dari jumlah sampel. Kesimpulannya
pada umumnya alasan siswa untu ribut pada jam pelajaran adalah ikut teman.
TABEL IV MENGANALISA SIKAP GURU SAAT RIBUT
NO
|
INTENSITAS
KEGIATAN
|
F
|
%
|
1
|
KETAWA
|
0
|
0%
|
2
|
SENYUM
|
1
|
10%
|
3
|
DI
SURUH KELUAR
|
5
|
50%
|
4
|
MARAH
|
4
|
40%
|
JUMLAH
|
|
10
|
100%
|
Dari tabel IV menganalisa sikap
guru saat rebut, yang mengatakan ketawa 0% dari jumlah sampel, kemudian yang
mengatakan senyum 10% dari jumlah sampel dan yang mengatakan si suruh keluar
50% dari jumlah sampel sedangkan yang mengatakan marah 40% dari jumlah sampel.
Kesimpulannya pada umumnya sikap guru pada saat rebut itu adalah di suruh
keluar dari kelas.
TABEL V MENGANALISA SAAT GURU MARAH PADA SAAT PELAJARAN
KARANA RIBUT
NO
|
INTENSITAS
KEGIATAN
|
F
|
%
|
1
|
MAKIN
RIBUT
|
0
|
0%
|
2
|
DIAM
|
9
|
90%
|
3
|
MELAWAN
|
0
|
0%
|
4
|
MENERIMA
|
1
|
10%
|
JUMLAH
|
|
10
|
100%
|
Dari tabel V menganalisa saat
guru marah pada saat pelajaran karna rebut, yang mengatakan makin rebut 0% dari
jumlah sampel, kemudian yang mengatakan diam 90% dari jumlah sampel dan yang
mengatakan melawan 0% dari jumlah sampel sedangkan yang mengatakan menerima 10%
dari jumlah sampel. Kesimpulannya pada umumnya saat guru marah pada waktu
pelajrannya di karnakan semua siswa itu diam.
TABEL VI MENGANALISA PELAJARAN YANG SERING RIBUT
NO
|
INTENSITAS
KEGIATAN
|
F
|
%
|
1
|
MATEMATIKA
|
1
|
10%
|
2
|
B.
INGGRIS
|
0
|
0%
|
3
|
B.
ARAB
|
8
|
80%
|
4
|
BUDAYA
MELAYU
|
1
|
10%
|
JUMLAH
|
|
10
|
100%
|
Dari tabel VI menganalisa
spelajaran yang sering rebut, yang mengatakan matematika 10% dari jumlah
sampel, kemudian yang mengatakan B. inggris 0% dari jumlah sampel dan yang
mengatakan B. arab 80% dari jumlah sampel sedangkan yang mengatakan budaya
melayu 10% dari jumlah sampel.
TABEL VII MENGANALISA PERASAAN SISWA SAAT TEMAN RIBUT
NO
|
INTENSITAS
KEGIATAN
|
F
|
%
|
1
|
MEMUKULNYA
|
1
|
10%
|
2
|
MEMARAHINYA
|
2
|
20%
|
3
|
MELAPORKAN
PADA GURU
|
0
|
0%
|
4
|
DIAM
SAJA
|
7
|
70%
|
JUMLAH
|
|
10
|
100%
|
Dari tabel VII menganalisa
perasaan siswa saat teman rebut, yang mengatakan memukulnya 10% dari jumlah
sampel,kemudian yang mengatakan memarahinya 20% dari jumlah sampel dan yang
mengatakan melaporkan kepada guru 0% dari jumlah sampel sedangkan yang
mengatakan diam saja 70% dari jumlah sampel. Kesimpulannya pada umumnya
perasaan siswa saat teman rebut adalah diam saja
TABEL VIII MENGANALISA SOLUSI AGAR TIDAK RIBUT PADA JAM
PELAJARAN
NO
|
INTENSITAS
KEGIATAN
|
F
|
%
|
1
|
MEMBACA
BUKU
|
5
|
50%
|
2
|
MELAPORKAN
TEMAN KEPADA GURU
|
3
|
30%
|
3
|
MELEMPAR
TEMAN
|
0
|
0%
|
4
|
MELARANG
TEMAN RIBUT
|
2
|
20%
|
JUMLAH
|
|
10
|
100%
|
Dari tabel VIII menganalisa
solusi agar tidak rebut pada jam pelajaran, yang mengatakan membaca buku 50%
dari jumlah sampel, kemudiam yang mengatakan melaporkan teman kepada guru 30%
dari jumlah sampel dan yang mengatakan melempar teman 0% dari jumlah sampel
sedangkan yang mengatakan melarang teman rebut 20% dari jumlah sampel.
Kesimpulannya pada umumnya solusi agar siswa tidak rebut lagi lagi adalah
membaca buku.
TABEL IX MENGANALISA KESAN TEMAN PADA SAAT RIBUT
NO
|
INTENSITAS
KEGIATAN
|
F
|
%
|
1
|
MELRANGNYA
|
5
|
50%
|
2
|
MEMBERI
SELAMAT
|
1
|
10%
|
3
|
MENCEMEEHNYA
|
3
|
30%
|
4
|
MELPORKAN
PADA GURU
|
1
|
10%
|
JUMLAH
|
|
10
|
100%
|
Dari tabel IX menganalisa kesan
teman pada saat rebut, yang mengatakan melarangnya 50% dari jumlah
sampel,kemudian yang mengatakan memberi selamat 10% dari jumlah sampel
sedangkan yang mengatakan mencemeehnya 30% dari jumlah sampelselanjutnya yang
mengatakan melaporkan kepada guru 10% dari jumlah sampel. Kesimpulannya pada
umumnya kesan teman pada saat rebut adalah melarangnya.
TABEL X MENGANALISA SOLUSI SUPAYA BISA BELAJAR SENDIRI SAAT
PELAJARAN BERLANGSUNG
NO
|
INTENSITAS
KEGIATAN
|
F
|
%
|
1
|
MENDENGARKAN
GURU
|
6
|
60%
|
2
|
MEROKOK
|
0
|
0%
|
3
|
MELEMPAR
TEMAN
|
0
|
0%
|
4
|
MEMBACA
BUKU
|
4
|
40%
|
JUMLAH
|
|
10
|
100%
|
Dari tabel X
menganalisa solusi supaya bisa belajar sendiri saat pelajaran berlangsung, yang
menagatakan mendengarkan guru 60% dari jumlah sampel, kemudian yang mengatakan
merokok 0% dari jumlah sampel dan yang mengatakan melempar teman 0 dai jumlah
sampel sedangkan yang mengatakan membaca buku 40% dai jumlah sampel.
Kesimpulannya pada umumnya solusi suoaya bisa belajar sendiri pada jampelajaran
berlangsung adalah mendengarkan guru.
0 Jangan Lupa komentar anda:
Posting Komentar